D’Gujubar Bersama AHM Kunjungi Pabrik Motor Honda di Karawang Jawa Barat

D’Gujubar Blogger otomotif asal Jawa Barat berkunjung ke Pabrik Perakitan motor Honda di Karawang Jawa Barat(15/07).

Dgujubar – Judulnya mungkin bisa dibilang sebagai Factory Visit atau berkunjung ke pabrik perakitan motor Honda, tapi bisa juga dibilang jika kumpulnya Blogger dan Vlogger seluruh Indonesia ini sebagai ajang Silaturahmi, kopdar akbar, temu kangen atau Gathering juga karena momentnya masih dalam suasana Lebaran bisa disebut Halal Bihalal Blogger dan Vlogger yang khususnya pada acara ini kami segenap Blogger dari Jawa Barat bersama PT. Astra Honda Motor…

Yupz, Hari Sabtu kemarin tepat tanggal 15 Juli 2017 sekitar 55 Blogger serta Vlogger dari berbagai daerah di Indonesia bersama-sama mengunjungi Plant 4 dan 5 yang berada di Dawuan, Karawang Jawa Barat… Kami di undang PT. Astra Honda Motor untuk mengunjungi salah satu pabrik perakitar motor Honda terbesar di Dunia dan melihat proses produksi sepeda motor Honda secara langsung, sehingga kita tahu bagaimana sih kendaraan yang kita gunakan sehari-hari dan bisa menjadi bagian dari kehidupan kita ini dibuat…

Di area Pabrik motor Honda yang berada di kawasan Indotaisei, Karawang Jawa Barat ini pertama diresmikan 2 tahun lalu oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, pabrik yang dibangun berpuluh-puluh hektar ini digunakan untuk memproduksi motor skutik terlaris Honda yakni Honda Beat, juga Honda Vario(termasuk Honda Click 125 juga Click 150 yang dieksport ke luar negri), sedangkan satunya lagi yakni Plant 5 adalah tempat produksi line up motor sport seperti Honda CB150R, CBR150R serta motor sport 250cc Honda CBR250RR baik untuk pasar ekspor maupun lokal…

Kabarnya, 2 pabrik ini memiliki kapasitas produksi hingga 1 juta unit sepeda motor setiap tahunnya, jadi jika AHM mencatatkan distribusi total sebanyak 4juta unit setahun, maka Plant 4 dan 5 ini menyumbang sekitar 25% produksi setiap tahunnya.. wow…

Nah, dalam acara Factory Visit ini, kami berkeliling Pabrik yang sangat luas dengan berjalan kaki(napak tilas Marc Marquez yang juga pernah melakukan Factory Visit di tahun lalu disini) dengan didampingi instruktur yang beberapa diantaranya merupakan kepala produksi di beberapa divisi.. Kita para Blogger dan Vlogger dibagi beberapa kelompok dan langsung diajak melihat langsung bagaimana sebuah sepeda motor diproduksi dari mulai perentelan part(yang bisanya muncul di blog sebagai spyshots) dirakit hingga menjadi motor utuh… Perlu diketahui pemirsa, jika masuk kedalam Plant ini, kita haram membawa alat perkam gambar maupun Video, semua kamera, action cam sampai HP disimpan dan tidak boleh dibawa masuk, jika ketahuan ada yang membawa, taruhannya jabatan tuh pemirsa, bisa dipecat, hehe…

Pertama kita diajak untuk melihat bagaimana perintilan part, baik yang dibuat atau dicetak langsung di Plant(misal crankcase, silinder blok, body plastik, dll) maupun yang didatangkan dari Vendor(misal rangka, kelistrikan dll), dikumpulkan untuk nantinya dimasukan ke dalam ruangan perakitan…

Nah di ruangan berikutnya kita langsung ditunjukan bagaimana sebuah motor di rakit(motor yang kita lihat adalah jenis motor skutik Honda Beat esp), bagaimana dimulai dari perintilan part yang berupa crankcase mesin, yang digabungkan dengan part CVT seperti Pulley, rumah kopling, lalu digabungkan dengan silinder head lengkap dengan cara pemasangan piston dengan silinder head sehingga berbentuk mesin, prosesnya cepat sekali pemirsa.. Tangan-tangan terampil para pekerja seakan sedang merakit mainan saja…

Setelah mesin utuh, baru digabungkan dengan frame yang terlebih dahulu diberi nomor rangka.. ternyata pemberian nomor rangka ini bukan diketok atau giman gitu, ternyata prosesnya seperti mesin printer yang begitu canggih, hehe… Nah, seiring kita berjalan sambil diberikan pengarahan oleh pemandu, tak terasa kita sudah melihat separuh bentuk motor untuh saat ban serta jok, dan body terpasang, cepat sekali prosesnya pemirsa…

Hingga diujung proses, motor sudah jadi sempurna kemudian dilanjutkan ke bagian Quality Control yang super ketat.. Jika ada motor yang cacat walaupun sedikit, misal spakbor miring, atau body yang tergores, maka motor akan di kembalikan dan ditandai… sedangkan yang lolos masuk ke tahap selanjutnya, seperti pengecekan kelistrikan, tes nyala lampu, tes perangkat rem depan belakang, hingga ke pengetesan diatas Dynotest…

Jika dihitung, sekitar 22 detik, 1 unit motor Honda Beat baru selesai diproduksi tuh pemirsa.. . wow, awalnya saya juga gak percaya mosok sih bikin motor secepat itu, tapi pas lihat langsung, ternyata memang benar, selama menyusuri pabrik tersebut dalam beberapa menit saja sudah puluhan motor menumpuk dan siap untuk didistribusikan, jadi gak heran jika dalam sebulan penjualan Honda bisa mencapat 200 hingga 400ribuan unit motor… mantap…

Ada beberapa fakta yang menarik yang kami temukan saat berkunjung ke pabrik AHM ini pemirsa… Pertama kita gak sengaja lihat beberapa unit Honda Vario 150cc dengan striping aneh dan asing bentuknya, kita berfikir jika Vario tersebut adalah produk Vario facelift terbaru, tapi ternyata bukan, hehe.. Vario tersebut adalah Honda Click 150i yang rencananya akan dikirim ke Filipina…

Yang kedua, Pabrik sepeda motor Honda ini menjadi pabrik yang sangat bersih dan rapi(bahkan ada Blogger yang bilang gak ada debu sedikit pun, hehe…), apalagi ketika kita memasuki area perakitan Honda CBR250RR tuh pemirsa, beuuh saking ketatnya perakitan mesinnya saja dirakit ditempat khusus yang memiliki standar tersendiri, dimana ruangannya tertutup dan ber-AC, kabarnya karyawan yang merakitnya juga orang yang terpilih dan dilakukan layaknya sebuah pabrik makanan.. Bayangkan saja, ketika masuk keruangan ini karyawannya memakai pakaian khusus dan bahkan sangat dijaga ketat, sedikit kotoran pun tidak bisa masuk kedalam ruangan tersebut… ckckc… Semata-mata untuk membuktikan jika sang Superpsort 250cc Honda ini memiliki kualitas terbaik yang dibuat AHM…

Fakta menarik lainnya jika beberapa bagian proses perakitan selain dilakukan oleh tangan manusia, juga dikerjakan oleh tangan-tangan robot, seperti misal proses Welding atau pengelasan, dll. Dan terkahir Fakta menarik lainnya adalah ternyata tanpa diketahui jika AHM memproduksi lumayan banyak produk ekpor yang diprosuksi di Plant 4 dan 5 seperti yang saya sebutkan tadi misal Honda Click series ke beberapa negara seperti Filipina, Vietnam, Malaysia Dll… Dan satu lagi, jika disini saya gak menemukan produksi calon motor baru misal CRF150 ataupun PCX lokal, karena setiap perintilan part terpampang kode-kode produksi, tapi semua kodenya sudah kita tahu dan tidak ada kode produk yang asing, hehe.. itu saja…

Seandainya kita bisa mengabadikan acara kemarin, beuh pastinya akan menjadi cerita yang otentik dan sangat panjang untuk diketik, sayangnya kita hanya mengabadikan moment hanya dalam ingatan saja, hehe… Tapi selain untuk melihat proses perkitan motor, AHM juga seakan memfasilitasi para Blogger dan Vlogger untuk bersilaturahmi, tak ayalk beberapa Blogger yang jauh dan bahkan belum pernah berjuma sebelumnya pada acara ini bisa bertemu dan ngobrol bareng… Aktifitas yang biasanya dilakukan didunia maya kini dicurahkan secara langsung..

Dgujubar dan Koboys

Dgujubar dan Jatengmotoblog

Para Blogger D’Gujubar juga bertemu dengan Beberapa Blogger hebat dari beberapa daerah di Indonesia, antara lain mas IWB, Aripitstop, mbah Dukun, mas Endrik serta Bloger Jakarta lainnya(minus wak Haji TMCBlog yang berhalangan hadir) seperti blogger Jatimotoblog Mas Iwan Motogokil, Anangcozz, Gesang Potretbikers, Madev, mas Wiro, pak RT, mas Heri KHS dll , serta juga Blogger Koboys seperti mas Azis DOHC, Yudakusuma, Ivan Pertamax8, mas Kusnantokarasan, mas Amama dkk, juga mas Eko dari Jatengmotoblog, tak lupa juga dari Balimotoblog seperti Ms Joe Motoblast dkk, serta Blogger Batam mas Irfan Singindo dkk dan paling jauh ada mas Alice Rodaduamakassar dan yang lainnya termasuk Vlogger Otomotif Indonesia yang gak bisa saya sebutkan satu persatu…. Terkahir saya ucapkan terimakasih kepada PT. AHM terutama pihak HC3 serta jajaran MainDealer yang mengadakan acara seru yang yang bisa mempertemukan Blogger dari seluruh Indonesia.. mantapp… (Warungasep)

Iklan

About warungasep

Mencurahkan semua isi hati,pikiran dalam sebuah tulisan melalui media blog sederhana yang ditulis menggunakan handphone murahan,sambil beraktifitas menjaga warung

Posted on 26 Juli 2017, in Kopdar and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 5 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: