Kebersamaan D’Gujubar Bareng Suzuki Indonesia

Kata orang bijak, Ilmu dan pengalaman baru adalah 2 hal yang tak ternilai harganya. Tapi, nggak perlu susah payah jadi orang bijak terlebih dulu untuk memahami kalimat barusan… Karena dari kebersamaan D’Gujubar bareng Suzuki Indonesia sebulan terakhir, kami bisa menyadari betapa bernilainya Ilmu dan Pengalaman yang kami dapatkan dari Pabrikan yang pernah berjaya di awal era 2000-an ini.

Kebersamaan D'Gujubar Bareng Suzuki Indonesia

Yes! Ini adalah kisah lainnya dari perjalanan para pemuda (walaupun nggak semuanya muda) Jawa Barat bersama PT. Suzuki Indomobil Sales (2W) – dan saya (ENO) kembali bakal menceritakan pengalaman apa saja yang didapatkan dari momen kebersamaan tersebut… Cekdiswanaut!

 

 

Pertemuan Pertama

 

Kebersamaan D'Gujubar Bareng Suzuki Indonesia

 

Ibarat orang pacaran, nggak seru kalau nggak bahas bagaimana cara kedua sejoli tersebut bertemu… Yes! Sebelum bahas cerita ini lebih jauh, alangkah baiknya kita ketahui dulu awal mula kedekatan antara D’Gujubar & Suzuki Indonesia. Otak utama dibalik kisah ini tak-lain-tak-bukan, adalah sosok bapak ketua kita bersama, Mang Yogas alias Kobayogas. Beliau adalah orang yang paling berjasa memperkenalkan PT. Suzuki Indomobil Sales (2W) dengan D’Gujubar – Paguyuban Juragan Blogger Jawa Barat dengan personel yang hyper-talented sebagai komedian, #eh maksudnya blogger otomotif.

Singkat cerita, bisa dibilang beliau adalah ‘Mak Comblang’ D’Gujubar. Meskipun secara tampang sih lebih meyakinkan sebagai om-om-pecinta-spg, buahahahaa…. Sisi lainnya, itulah guna mengetahui pepatah yang berbunyi: Never judge a book from it’s cover. Bukan begitu?

 

gathering-suzuki-with-dgujubar-2

Tuh kan, saya nggak bohong lho…. wkwkwkwk

 

Pertimbangan Bibit-Bebet-Bobot nya? So, mau pakai metodologi yang ala ke-jawa-jawa-an nih? Boleh aja koq! Dengan segala yang dimiliki PT. Suzuki Indomobil Sales (2W), dikombinasikan dengan Member Paguyuban Juragan Blogger Jawa Barat yang eksentrik, punya pengalaman luas di bidang industri otomotif, serta punya regional market terbesar Se-Indonesia – adakah opsi pasangan yang lebih baik? Nope! Yang lebih murah, banyak…

 

So, pertemuan pertama pun bakal segera direalisasikan… Bak ABG puber, rasa senangnya tak bisa disembunyikan. Kami bahkan melakukan persiapan masing-masing sejak jauh hari. Saya, Jang Alki Indoride, Mang Peysblog, Mang Rama Otoborn, Mang Ferboes, Om Isal-blogger & Mang Kobayogas berangkat satu mobil dari Jakarta. Sementara Mang Wisnu Viwimoto, Mang Nde-soedisi, Kang Apip-otoblog, Mang Jendra Macantua, Mbah Dharmo Imotorium, serta Mang Gilar – Menyusuri Jalan Touring menuju lokasi yang bertempat di Kota Kembang, Bandung.

Tapi persiapan yang paling canggih tentu adalah Mang Warungasep & Mang Oto Fery… Duo Blogger D’Gujubar asal Tasikmalaya ini bahkan sampai ke Bandung beberapa jam sebelum pertemuan dimulai. Kurang meyakinkan apa lagi coba?

Sebagai info tambahan, ini adalah pertama kalinya D’Gujubar tampil komplit, full-personel, dalam sebuah acara bareng produsen roda 2… Seingat saya, momen terakhir bisa kumpul megah seperti ini adalah saat Kopdar Akbar Perdana D’Gujubar silam. Salute dari kami semua untuk Suzuki Indonesia!

 

gathering-suzuki-with-dgujubar-1

 

Cafe Le Marly di Kawasan Dago jadi lokasi meeting kami… Disana, kami bertemu dan berkenalan dengan Pak Audi sebagai Project Leader Suzuki GSX-R150, Om Fandi sebagai Corporate Public Relations & Om Aji yang berpengalaman Soal Teknikal dari perwakilan PT. Suzuki Indomobil Sales (2W) – serta Pak Memed & Pak Aris perwakilan dari Main Dealer Suzuki Jawa Barat. Kami semua berkumpul satu meja (mejanya gede banget, pastinya) sambil mendapatkan pemahaman tentang Product Knowledge GSX-R150 & GSX-S150 yang segera dirilis dalam waktu dekat.

Dalam sesi pertemuan tersebut, D’Gujubar & Suzuki Indonesia juga sempat bertukar pemikiran lewat sesi Tanya-Jawab. Saking asiknya obrolan yang kami bahas, pada akhirnya sesi tersebut justru jadi jauh lama ketimbang Product Knowledge sebelumnya… Diselingi dengan gurauan canda-tawa, momennya pun jadi terasa luar biasa. Karena di kesempatan ini, saya yakin bukan hanya kami yang mendapat ilmu & pengetahuan baru dari Suzuki – tapi juga sebaliknya. Benar-benar berbeda dari ‘Suzuki’ yang saya kenal lewat dunia maya sebelumnya, mereka berubah drastis… Dan kabar baiknya, mereka berubah jadi jauh-uh-uh lebih baik.

 

img-20170114-wa0069

 

Tak terasa, waktu sudah menunjukkan pukul 17:30, yang artinya momen kebersamaan perdana kami sudah lebih dari 5 jam! Karena mentari sudah mulai tenggelam di ufuk barat, momen ini pun terpaksa kami akhiri… Karena kalau diteruskan, obrolan ini mungkin bakal berakhir keesokan pagi, atau mungkin lusa harinya, hahahaaa. Dari pertemuan itulah kami mendapatkan kesimpulan: Sebutan “Kebangkitan Suzuki” bukan hanya isapan jempol belaka. Watch out fellas!

 

Kebersamaan D'Gujubar Bareng Suzuki Indonesia

C, A minor, D minor, ke G, ke C lagi….

 

The best part? Apalagi kalau bukan kumpul bareng dulur-dulur D’Gujubar! Seperti yang sedikit diceritakan sebelumnya, Suzuki Indonesia bukan hanya memberikan kami kesempatan untuk bertemu mereka, tapi (secara nggak langsung) juga berperan mempertemukan semua member D’Gujubar yang tersebar di wilayah yang berbeda… Hasilnya? Yes! Kami bisa ngejam bareng & kongkow mini kopdar di kediaman Mertua Mang Kobayogas.

 

Nyentul Bareng Suzuki GSX-R150

 

img-20170131-wa0004

 

Beberapa hari setelah momen pertemuan perdana, beberapa member D’Gujubar kembali diberikan kesempatan menghadiri event resmi Suzuki… Yang lebih spesialnya lagi, kali ini acaranya adalah Test Ride Suzuki GSX-R150 langsung di Sirkuit Internasional Sentul! Muantaapp… Ibarat orang yang PeDeKaTe, ini adalah kesempatan kami nge-date bareng jagoan milik Suzuki Indonesia, GSX-R150…!

Dalam kesempatan ini, ada 5 personel yang mewakili D’Gujubar menggeber langsung Suzuki GSX-R150… Ada saya, Mang Kobay, Jang Alki, Mang Rama & Mang Asep yang jauh-jauh datang dari Tasikmalaya ke Jakarta. Luar biasa effort-nya Mangsep…! Nggak heran juga sih, karena ini bukan cuma jadi kesempatan geber GSX-R untuk yang pertama kalinya – tapi sekaligus juga kali pertama Mang Asep & Jang Alki merasakan tiap tikungan Sirkuit Sentul yang kondisinya, well, that’s it!

 

img-20170131-wa0006

Mang Asep a.k.a Pak SBY

 

 

Di area paddock Sirkuit Sentul kala itu, Suzuki GSX-R150 yang berwarna-warni terparkir rapi menunggu giliran untuk ‘digaspoll’ habis-habisan. Bak seorang wanita yang siap ngedate, GSX-R150 juga sudah siap dengan dandanan-nya berupa Ban Slick IRC Fasti, Copot Spion & Footpeg boncenger… Setelah kami juga berdandan lengkap dengan Jacket, Protector serta Helm, “Neng Suzi” pun kami ajak jalan mengelilingi 5 Lap Sirkuit Internasional Sentul.

As always, Mang Kobayogas yang punya julukan Ghostraider ini langsung tancap gas bareng rekan blogger lain di barisan depan. Sementara itu, Saya, Alki & Mang Rama sempat terlibat ‘dogfight’ jelang lap terakhir… Dimana Mang Asep? Ternyata dibelakang! Kenapa dibelakang? Karena sesuai dengan tugasnya, kami semua harus meng-clear-kan jalan yang akan dilewati oleh Pak SBY versi D’Gujubar yang sedang berleha-leha bareng Neng Suzi yang cheerfull diajak jalan. Coba bayangkan betapa solidnya D’Gujubar? wwkwkwk…

 

Ghostraider sedang meng-clear-kan jalan untuk Pak SBY

Ghostraider sedang meng-clear-kan jalan untuk Pak SBY

 

 

Pada intinya, seperti biasa, disini tujuannya untuk having fun seperti Instruksi yang diberikan sebelum kami gaspoll di Sirkuit Sentul… Karena tujuan utama kami disini bukan untuk jadi yang paling cepat, tapi untuk merasakan sensasi riding Suzuki GSX-R150 – serta memberikan feedback bagi Suzuki Indonesia lewat tulisan-tulisan nyentrik member D’Gujubar.

Mau adu cepat? Tenang, setelah giliran kami ada seleksi Suzuki Asian Challenge 2017 yang diisi pebalap bertalenta muda koq… Mereka beradu cepat menggunakan GSX-R150 spek standar pabrik. Speed? Ada yang tembus diatas 160 Km/h lho! Lap timing? 2 menit 7 detik! Edan nggak tuh…?

Jelang sore hari, tiba waktunya kami berpisah dengan Suzuki GSX-R150 – setelah asik nge-date seharian… Momen yang pastinya nggak bakal terlupakan bagi para member D’Gujubar yang hadir di acara tersebut. Tapi tenang, ini hanyalah permulaan untuk hubungan yang jauh lebih ‘intim’ lagi koq… Mau tahu kenapa? Lanjut ikutin kisah D’Gujubar bareng Suzuki Indonesia ya…

 

Factory Visit Suzuki Indonesia

 

Kebersamaan D'Gujubar Bareng Suzuki Indonesia

 

Selang beberapa jam setelah saya sampai di rumah pasca Test Ride di Sirkuit Sentul… Kembali ada e-mail masuk dari Om Fandi. Isinya, D’Gujubar kembali dipercaya untuk mengunjungi dan melihat langsung proses produksi motor andalan Suzuki via Pabrik Suzuki Indomobil Motor di Tambun, Jawa Barat… Setelah pertemuan pertama, nge-date bareng, kini kami juga bakal mengunjungi ‘rumah’ tempat dimana Suzuki GSX-R150 lahir ke dunia. What an incredible story! Jomblo-ers pasti kepengen deh, hahahaa…

 

Kebersamaan D'Gujubar Bareng Suzuki Indonesia

 

Pada kesempatan ini, Member D’Gujubar diwakili oleh Saya, Mang Wisnu, Alki, Mang Rama, serta Mang Fery yang kembali meluncur dari Tasikmalaya… Setelah mendengar seremoni dari Pak Yohan Yahya, beserta jajaran petinggi Suzuki lainnya, acara factory visit pun kami mulai, dengan mengitari seluruh area produksi di Pabrik seluas 14,1 hektar ini.

Pertama, kami memasuki area produksi komponen berbahan dasar logam… Disinilah tempat dimana bagian Tangki, Frame, Swingarm, Knalpot, serta Velg Jari-Jari motor Suzuki Brosist sekalian diproduksi. Material & finishingnya nggak main-main lho Brosist! Untuk frame Suzuki GSX-R150 misalnya… Meskipun dibekali dengan tipe steel diamond yang kurang eyecatching jika dibandingkan frame trellis ataupun twinspar, tapi soal bahan dan las-lasannya boleh diacungi jempol!

 

Kebersamaan D'Gujubar Bareng Suzuki Indonesia

 

Berpindah ruangan, kali ini kami memasuki area produksi part berbahan baku plastik. Yup! Ternyata Suzuki memproduksi sendiri semua part-part body yang terbuat dari plastik tuh Brosist… Bukan mengandalkan suplai vendor tertentu, seperti yang saya temui di beberapa produsen motor papan atas lain. Proses pengerjaan di areal ini hampir 80% dikerjakan oleh robot, dan menggunakan material dengan standar tinggi. Hasilnya? Tanpa perlu diskusi panjang, kami berlima setuju kalau kualitas plastik body buatan Suzuki adalah salah satu yang terbaik di Indonesia. Well done!

Selanjutnya adalah bagian yang paling ditunggu-tunggu: Assembling! Ya, di areal inilah komponen yang diproduksi  sebelumnya bakal dirakit menjadi unit sepeda motor yang utuh… Masuk diawal hanya berbentuk frame & wiring, bagian-per-bagian Suzuki GSX-R150 dipasangkan satu-persatu hingga menjadi sebuah unit motor baru!

 

factory-visit-suzuki-plant-tambun-9

 

Dan yang asiknya lagi, setiap 90 detik, satu unit GSX-R150 lahir ke dunia… Dalam satu jam, 37 unit GSX-R150 lahir, atau sekitar 296 unit per hari (1 shift kerja), atau sekitar 8.000-an unit saja perbulannya. Bahkan setelah motor selesai melalui proses perakitan, unitnya langsung ditangani untuk oleh tim Inspeksi & Quality secara ketat tuh Brosist… Pada tahap ini, semua motor digeber sejadi-jadinya diatas mesin sejenis dynotest, di semua gear mulai 1-6, ataupun sampai topspeed di motor skutik.

Setelah itu, motor dicek kelengkapan serta kepresisian antar partnya sebelum siap masuk ke ruang storage, dan kemudian didistribusikan ke konsumen Suzuki. Dan sebelum didistribusikan, motor yang sudah dites sebelumnya pun kembali dites lagi di kondisi real lho Brosist… Gokil! Berapa kali pengecekan quality tuh Brosist? Coba hitung sendiri deh…

Sayangnya saat itu belum sempat saya hitung, lantaran waktu menunjukkan pukul 11 siang, yang artinya tiba waktunya kami kembali ke ruangan Training Centre untuk sesi tanya-jawab & closing di acara Factory Visit Suzuki Indomobil Motor.

 

 

 

Well… Dari 3 momen kebersamaan bareng Suzuki beserta produk andalan terbarunya, GSX-R150, tentu sangat sulit untuk nggak fallin’ in love dengan sportbike 150cc tersebut. Mulai dari kesan pertemuan pertama, nge-date bareng, sampai main langsung ke ‘rumah’ nya yang amat-sangat luas – Suzuki GSX-R150 terbukti mempesona luar-dalam… Terbukti, sejauh ini sudah banyak member D’Gujubar yang kepincut pesona sang Baby-GSX… Siapa dia? Pantengin terus kisah masing-masing personelnya yaa Brosist… Don’t miss it!

 

Suzuki GSX-R150 bagaikan wanita rendah hati, pengertian, cheerful, nggak neko-neko, dan penurut kemanapun Brosist meng-handle kemudi & throttlenya. Yang lebih cantik mungkin banyak, tapi menemukan yang seperti ini di era modern? Hanya Suzuki yang punya bibit unggul dalam hal “unscientific” tersebut…

 

*Note: Special Thanks to Tuhan YME, PT. Suzuki Indomobil Sales (2W), Suzuki Indomobil Motor, Suzuki GSX-R150 & Semua Anggota D’Gujubar yang terlibat… Mohon maaf apabila ada kesalahan kata dalam penulisan.

 

gathering-suzuki-with-dgujubar-3

We’re Rocks, We’re Family, We are D’Gujubar!

 

 

Writer : Kang Eno (ENOANDERSON.COM)

Iklan

6 pemikiran pada “Kebersamaan D’Gujubar Bareng Suzuki Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s